Apa Yang Terjadi Jika PLTN Meledak - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Apa Yang Terjadi Jika PLTN Meledak



Sekitar Dunia Unik - Mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya-tanya jika seandainya sebuah PLTN meledak (meski hal ini tidak kita inginkan), apa yang akan terjadi. Sebuah pertanyaan "bodoh" ini sejatinya pernah terjadi pada masa silam, dan merupakan peristiwa yang dicatat dalam sejarah.



Dan berikut adalah penjelasannya. PLTN adalah pembangkit listrik tenaga nuklir. Jika PLTN meledak, akibatnya sungguh mengerikan. Contoh kasus untuk hal itu adalah meledaknya PLTN Chernobyl di Uni Soviet pada tahun 1986.

Baca juga artikel menarik lainnya : 5 Bencana Nuklir Paling Parah di Dunia

Ledakan PLTN Chernobyl adalah kecelakaan terbesar. Begitu PLTN itu meledak, awan radioaktif segera terbentuk, dan berhembus hingga Eropa. Radius partikel radioaktifnya diperkirakan mencapai jarak hingga 1.100 kilometer.

Akibat kecelakaan itu, sebanyak 336.000 orang terpaksa mengungsi, 56 orang tewas akibat kecelakaan tersebut, sementara 9.000 orang lainnya diperkirakan meninggal di kemudian hari karena kanker yang diakibatkan oleh radiasi ledakan PLTN.

Tapi dampak buruknya tidak hanya itu. Pada radius 4 kilometer dari PLTN yang meledak, tumbuhan dan hewan menjadi mandul, sehingga tidak bisa melanjutkan keturunannya. Tumbuhan menjadi layu dan mati perlahan, sementara hewan-hewan berkurang drastis.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon