10 Fakta Unik Tentang Catur - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

10 Fakta Unik Tentang Catur

Fakta Unik Tentang Catur

Catur merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang cukup populer. Pada kesempatan kali ini, Misterunik.com ingin mengungkapkan fakta-fakta unik yang berkaitan dengan catur. Sebagian besar dari Anda mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa saja fakta unik catur.

Menurut The Chess in the Olympics Campaign, "605 juta orang di seluruh dunia tahu mengenai cara bermain catur." Sejarah panjang perjalanan catur telah melahirkan pemain-pemain catur hebat dari seluruh dunia. 

Langsung saja kita simak 10 fakta unik tentang catur berikut ini :

1. Sejarah Catur

Dipercaya jika sejarah panjang catur bermula dari negara India pada kekaisaran Gupta. Lalu bergerak ke arah Barat pada abad ke-9. Tentu saja terdapat kemajuan yang lebih baik dibanding periode waktu sebelumnya. Hingga membuat catur seperti saat ini.

Contohnya, laju pergerakan Pion sebanyak dua kotak / langkah dari posisi semula diperkenalkan pertama kali pada tahun 1280 di Spanyol. Namun pada abad 18 dan 19 aturan baru pergerakan pion mulai dibatasi. Namun saat ini pion bisa dipromosikan menjadi kuda, benteng, patih atau ksatria (peluncur).

2. Durasi Permainan Catur

Pertandingan catur bisa berdurasi panjang ataupun sebaliknya, tergantung dari keahlian masing-masing pemain. Jika dimainkan oleh para master, bisa jadi durasinya cukup panjang. Namun diketahui terdapat sebuah turnamen catur terlama di dunia, yakni sebanyak 269 langkah atau sekitar 20 jam 15 menit. Bagaimana akhir dari pertandingan tersebut? Turnamen tersebut justru berakhir dengan skor seri atau seimbang. 

3. Sang Ratu yang Dinamis

Laju pergerakan Ratu pada bidak catur mengalami perubahan. Awalnya hanya bisa bergerak satu bidak secara diagonal. Lalu bisa bergerak dua arah dan selanjutnya bisa bergerak sepanjang jalan hingga akhirnya bisa bergerak seperti Ksatria.

Hingga saat ini Ratu bisa bergerak secara diagonal, horizontal dan vertikal. Awalnya ide pergerakan langkah Ratu ini datang dari "Fers", seorang konselor atau perdana menteri penasehat raja. 

4. Bisakah Bermain Catur dengan Mata Tertutup?

Sebuah dokumentasi menyebutkan bahwa terdapat sebuah turnamen catur yang diadakan dengan mata tertutup. Semua pemain menggerakan caturnya tanpa melihat papan. Biasanya terdapat seseorang yang memberikan atau mengabarkan langkah selama turnamen catur berlangsung.

Fakta Unik Catur di Dunia

Bermain catur dengan mata tertutup merupakan sebuah keterampilan yang luar biasa berbakat. Hal ini tentu membutuhkan kemampuan yang sangat jeli dalam melihat papan catur dan menentukan langkah.

Rekor permainan catur dengan mata tertutup dipecahkan pada tahun 1960 di Budapest, Hungaria oleh Flesch Janos yang bermain secara massal sebanyak 52 orang secara bersamaan. Ia pun memenangi pertandingan sebanyak 31 kali dari 31 kali permainan. Ada yang tertarik mau mencobanya?

5. Kemungkinan Tidak Terbatas

Setelah tiga langkah, yaitu tiga langkah oleh masing-masing pihak (masing-masing "bergerak" dalam catur mempertimbangkan langkah oleh si putih dan hitam), ada lebih dari sembilan juta lebih kemungikan posisi.

Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan dari posisi yang sama saat sedang bermain. Dengan kata lain, Anda harus berpikir bahwa setiap permainan catur tidak memiliki pola langkah yang sama satu sama lainnya.

6. Taktik Permulaan

Trik permulaan bermain catur dimulai dari langkah paling pertama. Pemain juga harus mempertimbangkan variasi pergerakan catur yang berbeda-beda. setidaknya ada lebih dari 1.000 awal permulaan yang berbeda. Permulaan pergerakan pada catur merupakan hal yang unik. Hal ini juga mempersiapkan pemain catur untuk menghadapi lawan atau bermain catur dengan gayanya masing-masing.

7. Permulaan dari Catur dan Tinju

Mirip seperti tinju, permainan catur memulai pergerakan dengan strategi yang dibangun sejak awal Anda memainkannya. Bidak Anda dimakan lawan dan Anda akan kehilangan poin. Penerapan strategi yang tepat bisa membuat permainan catur menjadi lebih menarik.

8. Komputer Pemain Catur

Permainan catur di komputer yang paling populer adalah Garry Kasparov, yang dikenal sebagai juara dunia sekaligus pemain terkuat dalam sejarah catur dan dikalahkan oleh IBM Deep Blue pada tahun 1997 dalam pertandingan enam-game.

Permainan Catur Antar Manusia Lawan komputer

Lalu pada tahun 2006, juara dunia Vladimir Kramnik dikalahkan oleh Deep Fritz. Saat ini program-program catur yang mudah tersedia untuk pemain catur yang penting dalam menganalisa dan meningkatkan permainan. 

9. Hubungan Antara Catur dan Otak Anda

Menurut para psikolog, permainan catur sebagai salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi memori otak. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan suatu masalah yang kompleks dan bekerja melalui ide. Maka tidak heran jika catur direkomendasikan mampu memerangi Alzheimer.

Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa bermain catur dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, meskipun itu adalah topik yang lebih kompleks.

10. Mesin Catur di Turki

Mesin catur Turki dibuat pada abad ke-18. Mesin ini terdiri dari konstruksi yang cukup rumit yang mencakup metoda untuk menyembunyikan operatornya. Cara kerja mesin catur ini cukup unik, yakni pemain catur yang sebenarnya adalah manusia, ditempatkan di dalam mesin tersebut.

Fakta Unik Catur - Mesin Catur

Rahasia ini pun terbongkar, setelah mesin tersebut mengalami kebakaran. Mesin catur Turki menjadi sebuah cerita yang unik di dalam dunia percaturan sepanjang sejarah catur.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon