6 Cara Menjaga Kesehatan Otot - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

6 Cara Menjaga Kesehatan Otot

Cara Menjaga Kesehatan Otot

Semakin bertambahnya usia dan semakin kompleks aktivitas yang dilakukan, membuat otot sering terasa pegal. Kondisi ini sebenarnya sangat lumrah terjadi. Namun jika dibiarkan saja bisa berkembang menjadi lebih parah dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Risiko pegal-pegal dan nyeri ini bisa diminimalkan dengan kebiasaan baik dalam menjaga otot.

Tubuh kita memang perlu terus dijaga kesehatannya agar tetap bisa digunakan untuk beraktivitas dengan lancar setiap hari. Lalu apa saja yang bisa dilakukan demi menjaga kondisi otot agar tetap sehat dan terhindar dari rasa nyeri maupun pegal?

Berikut ini adalah 6 cara menjaga kesehatan otot tubuh Anda :

1. Jaga berat badan tetap ideal

Langkah pertama, pastikan berat badan Anda selalu berada di angka ideal. Hal ini sangat penting, karena berat badan akan berpengaruh pada besarnya tekanan yang diterima oleh otot. Semakin berat bobot tubuh Anda, maka semakin besar pula tekanan yang harus ditanggung oleh otot.

Jika otot terus menerus menerima tekanan yang besar, maka otot akan lebih mudah lelah dan tegang. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri dan pegal yang akan menghambat aktivitas. Oleh sebab itu, kontrol berat badan Anda agar selalu berada di angka ideal, sehingga tidak akan terlalu membebani kerja otot.

2. Terapkan postur tubuh yang benar

Saat beraktivitas, cobalah untuk menerapkan postur tubuh yang benar. Terutama ketika Anda duduk bekerja di depan komputer untuk jangka waktu yang lama. Usahakan untuk menggunakan kursi yang nyaman dan posisikan tubuh secara tepat agar tidak membuat otot menjadi tegang.

Hindari posisi membungkuk ketika Anda sedang duduk maupun berdiri. Seringkali kita tidak menyadari bahwa posisi tubuh saat beraktivitas sehari-hari ternyata salah. Kebiasaan postur yang salah ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada otot dan berdampak buruk di masa depan jika tidak segera diperbaiki.

3. Usahakan rutin berolahraga

Kebiasaan olahraga sangat penting untuk diterapkan demi menjaga tubuh agar tetap bugar dan otot selalu sehat. Sempatkan berolahraga paling tidak 30 menit dalam sehari untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh Anda. Pilihlah jenis olahraga yang paling disukai, seperti jogging, berenang, sepeda dan masih banyak lagi. 

Namun sanagt penting untuk dipahami bahwa aktivitas olahraga harus dilakukan secara tepat. Pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum berolahraga. Lalu sempatkan juga  melakukan gerakan pendinginan setelah selesai berolahraga. Berhati-hatilah ketika berolahraga agar tidak terjadi salah gerak yang akan menyebabkan nyeri pada otot.

4. Jaga pola makan

Menjaga kesehatan otot juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan Anda sehari-hari. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Jenis makanan yang baik bagi kesehatan otot adalah makanan yang kaya akan vitamin D. Perbanyak konsumsi protein yang terdapat pada daging ikan salmon, tuna dada ayam dan kacang-kacangan.

5. Minum air yang cukup setiap hari

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, Anda juga sangat disarankan untuk minum banyak air putih setiap hari. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh Anda secara optimal agar tubuh terhindar dari dehidrasi. 

Dehidrasi ternyata bisa menurunkan status kesehatan dan kekuatan otot tubuh Anda. Kekurangan air bisa memicu lemah otot dan meningkatkan risiko kram serta tegang otot.

6. Cukupi kebutuhan nutrisi untuk otot

Penurunan massa otot bisa dicegah dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein, seperti daging, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu dan produk olahannya. Asupan protein dan kalori yang cukup sangat penting untuk menjaga massa otot.

Tidak hanya protein, asupan vitamin D, kalsium dan asam lemak omega-3 juga perlu dicukupi untuk membantu menjaga kesehatan otot.

Tidak hanya dari makanan saja, pastikan juga jaga kesehatan dan massa otot dengan rutin mengonsumsi Ensure setiap hari. Ensure diformulasikan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan kekuatan agar tetap aktif sepanjang hari, karena mengandung formula Triple Protein, yang merupakan gabungan antara protein whey, kasein dan juga soya.

Susu Ensure Untuk Kesehatan Massa Otot

Selain untuk menambah energi, Ensure juga mendukung kekuatan massa otot melalui gabungan ketiga protein yang mudah dicerna, diserap serta bertahan lama di dalam tubuh Anda, sehingga dapat memberikan kebaikan yang lebih optimal.

Ensure tersedia dalam dua varian rasa yang lezat, yakni rasa vanila dan cokelat. Tersedia dalam tiga ukuran, yakni 150gr (khusus rasa vanila), 400gr dan 900gr. Seluruh varian mengandung laktosa yang rendah, sehingga terasa lebih nyaman di perut.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon