5 Tips Efektif Mencegah Osteoporosis Sejak Dini - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

5 Tips Efektif Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Tips Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan yang paling sering dijumpai di kalangan masyarakat. Biasanya kondisi ini akan menimpa orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun pada beberapa kasus ada juga anak-anak muda yang harus mengalaminya. Perlu diketahui, bahwa kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah sejak usia dini.

Pengertian Osteoporosis

Apa sebenarnya osteoporosis itu? Ini merupakan kondisi di mana tulang menjadi keropos. Kepadatan tulang berkurang dan menyebabkan pengeroposan. Tulang menjadi rapuh, bahkan lebih mudah retak dan patah. Kondisi ini bisa disertai beragam jenis gejala dan biasanya akan disertai juga dengan rasa sakit yang sangat mengganggu di area sekitar tulang.

Pengeroposan tulang ini bisa disebabkan oleh beragam jenis faktor. Salah satunya adalah kekurangan vitamin D yang diketahui membantu memelihara kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu, pengeroposan ini juga bisa terjadi akibat adanya pengaruh hormon.

Pola hidup yang tidak sehat juga menjadi salah satu penyebab dari kondisi tersebut. Misalnya, orang yang memiliki kebiasaan merokok dan konsumsi obat-obatan tertentu bisa mendapat risiko yang lebih besar mengalami pengeroposan tulang. 

Jarang berolahraga juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko dari penyakit ini.

Perlu diketahui, bahwa pengeroposan tulang bisa menyebabkan berbagai hal. Tulang jadi rapuh dan mudah patah, bahkan saat terkena benturan ringan. Selain itu, kondisi ini juga akan menyebabkan rasa nyeri di bagian tulang, khususnya tulang belakang.

Postur badan juga bisa rusak karena kondisi tulang yang tidak bisa menopang secara optimal.

Tips Pencegahan Osteoporosis

Kondisi osteoporosis ini bisa dicegah sedini mungkin. Pencegahannya dapat dilakukan lewat beberapa langkah mudah. Berikut ini 5 tips efektif yang bisa dilakukan demi mencegah terjadinya pengeroposan tulang :

1. Penuhi kebutuhan kalsium

Peran kalsium dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang begitu besar. Penting sekali untuk memastikan kebutuhan kalsium dalam tubuh selalu terpenuhi secara optimal. Mulai saja dengan mengonsumi bahan-bahan makanan yang kaya akan kalsium, misalnya seperti kacang-kacangan, sayuran hijau dan tentu saja susu tinggi kalsium.

2. Konsumsi vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin D ini akan membantu meningkatkan efektivitas penyerapan kalsium. Oleh sebab itu, pastikan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang memadai. Misalnya dengan mengonsumi telur, sereal, salmon dan susu yang mengandung banyak vitamin D. Jangan lupa juga untuk berjemur di pagi hari selama 10-15 menit.

3. Aktif berolahraga

Osteoporosis sebenarnya bisa dicegah jika kita rajin berolahraga. Aktivitas olahraga mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Apalagi jika rutin dilakukan setiap hari sejak masih muda. 

Buatlah jadwal olahraga secara rutin sesibuk apapun aktivitas yang harus dikerjakan. Paling tidak berolahraga selama 30 menit sehari sudah efektif untuk menjaga kesehatan tulang.

4. Terapkan pola hidup sehat

Jelas sekali bahwa kita harus menerapkan pola hidup sehat demi menikmati tulang yang kuat. Hindari konsumsi alkohol dan tinggalkan kebiasaan merokok. Rokok dan alkohol adalah dua hal yang bisa menurunkan kemampuan penyerapan kalsium dalam tubuh. Itulah mengapa kebiasaan konsumsi alkohol dan merokok akan menurunkan tingkat kepadatan tulang secara rutin.

5. Lakukan pemeriksaan rutin 

Penting sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah osteoporosis. Hal ini seringkali diabaikan dan disepelekan, padahal sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Bisa dilakukan bone mineral density test untuk mengevaluasi adanya kemungkinan pengeroposan tulang.

Osteoporosis sebenarnya kondisi yang bisa dicegah dan dihindari sejak usia dini. pastikan untuk menjaga kesehatan tulang sebaik mungkin sebelum masa tua tiba. Terapkan berbagai tips tadi agar tulang selalu sehat dan terhindar dari pengeroposan.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon