Mulai dari Ular Tangga Hingga Nyamuk, Inilah 7 Fakta Unik Berbagai Negara di Dunia - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Mulai dari Ular Tangga Hingga Nyamuk, Inilah 7 Fakta Unik Berbagai Negara di Dunia

Fakta Unik dan Menarik Berbagai Negara di Dunia

Setiap negara biasanya memiliki cerita dan fakta-fakta unik dan menarik yang bisa kita temukan, entah itu kebudayaannya, masyarakatnya hingga kebiasaan sehari-harinya. Berbagai keunikan tersebut tentu saja membuat siapapun merasa kaget sekaligus terkagum-kagum. Karena keunikannya tersebut tidak dimiliki di negara mana pun di dunia ini.

Hal-hal unik memang selalu membuat penasaran dan sangat menarik untuk ditelusuri. Nah, melalui artikel ini, Misterunik.com ingin mengajak Anda untuk melihat berbagai fakta unik dari berbagai negara di dunia ini. Berikut adalah 7 fakta unik berbagai negara di dunia :

Populasi anak kembar paling tinggi di kota ini

Kisah unik pertama datang dari salah satu kota di Nigeria yang bernama Kota Igbo Ora. Memiliki anak kembar merupakan hal yang dianggap istimewa, apalagi jumlahnya cukup banyak dalam satu waktu kelahiran. Namun situasi ini tidak berlaku di Kota Igbo Ora. Di kota ini memiliki banyak anak kembar adalah hal yang dianggap biasa. 

Kota Igbo Ora Memiliki Tingkat Rasio Kelahiran Kembar Paling Tinggi
Image : nst.com.my

Pasalnya masyarakat di sana banyak yang melahirkan anak-anak kembar. Bahkan tingkat rasio kelahiran anak kembar yang paling tinggi. Jumlahnya pun mencapai sekitar lima puluh kelahiran berbanding seribu kelahiran. Maka dari itu, Kota Igbo Ora juga dijuluki "Ibukota kembar dunia".

Menyebut negara Pantai Gading harus dalam bahasa Perancis

Penyebutan nama setiap negara dalam bahasa Inggris berbeda-beda. Masyarakat dunia menyebut negara Jepang dalam bahasa Inggris dengan nama Japan. Atau negara Spanyol dalam bahasa Inggris disebut juga Spain. Hal ini dianggap sah-sah saja dan diperbolehkan untuk menyebut nama negara dengan bahasa lainnya.

Menyebut Negara Pantai Gading Harus Menggunakan Bahasa Perancis
Image : geography.name

Namun hal ini tidak berlaku bagi Pantai Gading, sebuah negara yang terletak di Afrika Barat ini justru ingin disebut dalam bahasa Perancis, yakni Côte d'Ivoire di semua bahasa. Dikutip dari laman Encyclopedia (1985), permintaan ini diajukan oleh Pemerintah Pantai Gading sendiri. Jadi penyebutannya harus dalam bahasa Perancis ya, bukan dalam bahasa Inggris (Ivory Coast).

Tinggi badan pria di Belanda rata-rata yang paling tinggi di dunia

Para Pria di Belanda Memiliki Tinggi Badan di Atas Rata-rata
Image : bbc.com

Jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, para pria di Belanda ternyata memiliki tinggi badan di atas rata-rata. Seperti dikutip dari BBC, yang diumumkan pada tahun 2019 lalu, para pria di negeri kincir angin ini memiliki rata-rata tinggi badan di atas 182,5 sentimeter. Untuk para wanitanya sendiri memiliki tinggi badan 169,8 sentimeter.

Pakistan sebagai produsen bola sepak di dunia

Meski tidak memiliki prestasi yang gemilang di dunia sepak bola, ternyata Pakistan memiliki andil yang cukup besar dalam membuat dan memproduksi bola sepak di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, sebesar 70 persen bola sepak di dunia diproduksi di Pakistan, tepatnya berada di Kota Sialkot. 

Pakistan Sebagai Produsen Bola Sepak di Seluruh Dunia
Image : thenews.com.pk

Kota Sialkot bahkan memiliki tidak kurang dari seribu pabrik bola sepak dengan total jumlah karyawan sebanyak enam puluh ribu orang. Diketahui Pakistan telah mengekspor sekitar 37 juta bola sepak ke seluruh dunia sesaat sebelum perhelatan Piala Dunia 2018 lalu. Wow!

Negara pencipta permainan ular tangga adalah India

Siapa di sini yang hobi bermain ular tangga? Salah satu permainan tradisional ini cukup digemari berbagai kalangan dan usia. Bahkan permainan ular tangga juga tidak dilekang oleh waktu. Meski saat ini era digitalisasi, permainan ular tangga juga bisa dimainkan di ponsel lho. Meski sensasinya sedikit berbeda.

Permainan Ular Tangga Berasal Dari India
Image : dailymail.co.uk

Ada sebuah fakta yang menarik mengenai permainan ular tangga. Selain terkenal dengan industri filmnya, siapa sangka India merupakan pencipta permainan ular tangga. Dikutip dari laman India Times, permainan ini sudah ada sejak abad 13 M yang bertujuan untuk mengenalkan hukum karma di dalam agama Hindu kepada anak-anak. 

Terganggu dengan nyamuk? Tinggal saja di Islandia!

Nyamuk kerap dianggap sebagai salah satu hewan peganggu manusia. Di mana pun kita berada, biasanya hewan ini selalu mengintai. Meski terkesan sepele, tetapi faktanya gigitan nyamuk tertentu juga bisa berbahaya bagi manusia, bahkan bisa mengancam keselamatan nyawa manusia. Nyamuk banyak dijumpai di negara tropis, seperti di Indonesia.

Nyamuk Tidak Bisa Hidup dan Berkembang Biak di Islandia
Image : intoday.in

Nah bagi Anda yang sering terganggu dengan nyamuk, mungkin Anda bisa memutuskan untuk tinggal di Islandia saja. Pasalnya di sana tidak ada nyamuk sama sekali. Sebagaimana dikutip dari laman World Atlas, Islandia merupakan negara di Eropa Utara yang tidak ada nyamuk sama sekali. Hal ini disebabkan suhu yang ekstrim. Apalagi sebagaian wilayah Islandia ditutupi es, sehingga nyamuk tidak bisa hidup dan berkembang biak.

Unicorn menjadi hewan nasional Skotlandia

Ada beberapa negara di dunia ini yang menjadikan hewan sebagai lambang nasionalnya. Sebut saja dengan negara Thailand yang terkenal dengan gajahnya, dan menjadikan gajah sebagai hewan nasional. Sementara Australia dengan kangurunya, menjadikannya sebagai hewan nasional. Selain kedua negara tersebut, ternyata masih ada lagi negara lainnya yang memiliki hewan nasional.

Skotlandia Menjadikan Unicorn Sebagai Hewan Nasional
Image : bbc.com

Salah satunya adalah negara Skotlandia yang dikenal memiliki hewan nasional unicorn. Meski hanya sebatas hewan mitologi, akan tetapi bukan hanya Skotlandia saja yang menjadikan hewan mitologi sebagai hewan nasional. Sebut saja Tiongkok yang juga sama-sama menggunakan hewan mitologi, yakni naga.

Nah demikian sebagian kecil fakta-fakta unik dan menarik yang bisa Misterunik.com bagikan. Semoga bisa menambah wawasan baru bagi Anda. 

Previous
Next Post »

2 comments

  1. ular tangga digemari di india mungkin karena kalo liat di fil indiamah suka main ular kobra kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa jadi awalna kitu Mang, hehehe...

      Delete


EmoticonEmoticon