Inilah Perbedaan Swab Test dengan Rapid Test - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Inilah Perbedaan Swab Test dengan Rapid Test

Perbedaan Swab Test dengan Rapid Test
Image : suara.com

Ketika Anda mengalami gejala seperti demam, batuk hingga sesak napas, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit. Hal ini dilakukan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah Anda terkena COVID-19 atau tidak. Adapun jenis pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah swab test dan rapid test.

Ketika Anda memeriksakan diri ke rumah sakit, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menelusuri apakah Anda pernah melakukan kontak dengan pasien COVID-19 dalam jangka waktu dua minggu terakhir. Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan penunjang berupa PCR dan rapid test untuk mendiagnosis COVID-19. 

Masih banyak yang belum memahami perbedaan antara keduanya. Bahkan tidak jarang banyak yang terkecoh dengan dua istilah tersebut. Namun ternyata keduanya memiliki perbedaan.

Metode Pemeriksaan

Swab test merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh tenaga medis untuk mendeteksi keberadaan virus atau bakteri penyebab suatu penyakit. Pemeriksaan ini menggunakan sampel dari lendir dalam hidung maupun tenggorokan, urine, darah, sputum hingga cairan serebrospinal (CSF). Bahkan hasil dari swab test diakui jauh lebih akurat dibanding jenis tes lainnya. 

Sementara, rapid test menggunakan sampel darah yang digunakan untuk tes secara skrining (informasi bahwa seseorang telah terinfeksi oleh virus. Namun belum bisa dipasikan bahwa virus tersebut adalah COVID-19.

Hasil Pemeriksaan

Perbedaan berikutnya terletak pada lamanya hasil periksa. Hasil swab test dapat keluar dalam waktu beberapa jam atau bahkan beberapa hari kemudian. Dengan swab test, seseorang juga bisa langsung diketahui apakah terinfeksi COVID-19 atau tidak. Artinya diagnosanya lebih akurat.

Sedangkan hasil pemeriksaan rapid test sudah bisa diketahui dalam waktu 10 - 15 menit saja. Hasilnya pun hanya sebatas memberikan informasi bahwa seseorang telah terinfeksi virus (skrining), namun belum bisa diketahui jenis virus tersebut adalah COVID-19.

Nah demikian perbedaan antara swab test dengan rapid test yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel yang Misterunik.com sampaikan bisa membantu Anda untuk memahami lebih jauh mengenai swab test dan rapid test yang digunakan untuk mendeteksi virus corona.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri, kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar oleh virus. Terutama ketika Anda beraktivitas di luar rumah. 

Bagi yang ingin memeriksakan diri dengan menggunakan metode swab test, Anda bisa mengunjungi GSI (Genomik Solidaritas Indonesia) Lab. Di sini Anda bisa mendapatkan hasil pemeriksaan yang lebih cepat, lebih akurat dan prosesnya dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman.


Berikut adalah data alamat lengkap dan nomor yang bisa dihubungi :

LAB

Jl. R. A. Kartini No. 34 Cilandak, Jakarta, Indonesia


OPERATIONAL HOURS

Monday - Sunday and Holidays

08.00 - 18.45


OFFICE

Graha Mitra, 4th Floor, Jl. Jend. Gatot Subroto, Kav. 21, Jakarta


HELPLINE

helpline@gsilab.id

+62 21 8086 6080

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon