Daftar Menteri yang Mundur Dari Jabatannya Karena Hal-hal Sepele - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Daftar Menteri yang Mundur Dari Jabatannya Karena Hal-hal Sepele

David Blunkett

Setiap orang tentu memiliki impian dalam hidupnya. Untuk mewujudkannya dibutuhkan suatu usaha yang kuat, agar keinginannya mencapai karir yang cemerlang bisa tercapai. Ketika sudah berada di puncak, maka perlu menyusun banyak strategi untuk mempertahankan karirnya tersebut. Namun karena beberapa perkara, karir pada seseorang bisa saja jatuh atau menurun pamornya. Mungkin saja perkara tersebut merupakan perkara yang fatal, sehingga sangat berpengaruh terhadap karir yang diembannya.

Faktanya, ada beberapa kasus sepele yang membuat para menteri ini malah mengundurkan diri dari jabatannya. Padahal mereka sedang berada di puncak jabatannya. Penasaran kasus sepele apa saja yang melibatkan mereka sehingga bisa sampai meninggalkan jabatannya?

Baca juga artikel menarik lainnya :

1. Menteri Inggris Mundur Bantu Mantan Pacar Urus Visa
David Blunkett
Image : mirror.co.uk

Mengutip dari BBC, Menteri Dalam Negeri Inggris, David Blunkett harus menelan pil pahit, karena ia terbukti media menyalahgunakan jabatannya demi mantan pacarnya yang bernama Kimberly Quinn. Blunkett merupakan politikus populer dari Partai Buruh yang kerap memiliki kebijakan cukup progresif, sehingga ia dianggap sebagai salah satu calon Perdana Menteri di masa depan.

Karirnya harus ambyar, karena semua bermula saat Quinn menemui kesulitan dalam melepas sang asisten asal Filipina bernama Leoncia Casalme dalam mengurus Visa. Karena masa kerjanya telah selesai, pengasuh bayi tersebut terancam didepak dari Inggris.

Untuk memuluskan usahanya dalam mengurus Visa, lantas Quinn meminta bantuan kepada Blunkett. Nasib sial, tindakan nepotisme ini terendus dan diungkap oleh media papan atas Inggris, seperti Daily Telegraph, News of the World dan The Daily Mail. Karena merasa yakin Blunkett tidak bersalah, Perdana Menteri Inggris, Tony Blair pun membelanya.

Proses pembuatan visa sang pengasuh bayi tersebut terbukti selesai 120 hari lebih cepat dari seharusnya. Semua ini berkat pengaruh dari jabatan Blunkett. Lalu pada 15 Desember 2004, Blunkett resmi mengajukan pengunduran diri.

2. Menkeu Inggris Mundur Setelah Terbukti Kumpul Kebo
David Law
Image : m.kaskus.co.id

David Law ditunjuk sebagai Menteri Keuangan saat Partai Konservatif menguasai Parlemen Inggris di bulan Mei 2010. Namun karirnya hanya seumur jagung. Surat kabar the Daily Telegraph yang terbit 28 Mei 2010 mengungkapkan bahwa Law, selama menjadi anggota dewan pada periode 2004-2009 kerap menyalurkan tunjangan jabatannya ke seorang yang diduga pasangan gelapnya.

Sebelum tahun 2006, anggota dewan Inggris bebas menggunakan dana tunjangan manasuka. Bahkan the Daily Telegraph mengabarkan jika uang senilai tidak kurang dari 40 ribu Pound Sterling itu mengalir dalam bentuk pembayaran kontrakan rumah. Namun akhirnya publik menilai jika sang Menkeu justru menilap uang rakyat untuk membiayai kumpul kebo.

Satu hari setelah berita tersebut muncul, Law pun mengakui telah hidup bersama dan membiayai pasangan kumpul kebonya. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, kekasihnya adalah seorang pria bernama James Lundie, seorang humas di firma konsultan media. Law pun mundur dari jabatannya sebagai Menkeu.

3. Mendiknas Jerman Mundur Karena Plagiat
Annette Schavan
Image : independent.co.uk

Kanselir Jerman, Angela Merkel menunjuk Annette Schavan sebagai Menteri Pendidikan Federal mulai 22 November 2005. Schavan menjabat sebagai Menteri Pendidikan hingga periode kedua pemerintahan Merkel. Namun menjelang akhir 2012, karirnya menemui kehancuran. Pasalnya seorang narablog dengan nama disamarkan telah membongkar sebuah fakta cukup mengejutkan. Ia mengatakan bahwa disertasi Schavan untuk meraih gelar doktor merupakan hasil plagiat. Bahkan aksi tidak terpuji tersebut telah ditemukan setidaknya 60 kali di pelbagai halaman karya ilmiahnya.

Menurut investigasi Universitas Dusseldorf, Schavan terbukti tidak mencantumkan sumber karya tulis yang menjadi rujukannya. Seperti dikutip dari Koran Der Spiegel, Schavan hanya sekedar menulis ulang penelitian tersebut. Schavan pun mengajukan pengunduran diri pada 9 Februari 2013 setelah kasus plagiarisme terbongkar ke publik. Merkel pun menerima pengajuan pengunduran Schavan. Berdasar budaya Jerman, tindakan mencuri karya tulis orang lain merupakan kategori tindakan nista.

4. Menlu Swedia Mundur Karena Nonton Bioskop
Laila Schavan
Image : de.se

Pada tanggal 10 Oktober 2003, Laila Freivalds resmi mulai menjabat Menteri Luar Negeri Swedia. Ia menggantikan posisi Anna Lindh yang dibunuh oleh seorang pengidap gangguan jiwa. Selain sebagai tokoh senior Partai Sosial Demokrat Swedia, Freivalds pun pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman di era 1990-an.

Namun karir Freivalds harus berakhir pada tahun 2006. Penyebabnya adalah ketika tsunami melanda Aceh dan sebagian wilayah Asia Tenggara pada tahun 2004, ketika kejadian itu telah ramai diberitakan, Freivalds dikabarkan sedang nonton film di bioskop bersama keluarga. Seperti dilkutip dari situs BBC, publik Swedia pun marah besar.

Tindakannya dianggap tidak singgap dalam memantau bencana alam itu. Apalagi setelah ada warga negara Swedia yang menjadi korban tewas tsunami hingga 500 orang. Posisi Freivalds pun semakin tersudut setelah menutup situs berita dari kelompok sayap kanan. Pem-bully-an terhadap dirinya terus berjalan tidak kurang dari dua tahun. Jauh sebelum berakhir masa baktinya, Freivalds memutuskan untuk mengundurkan diri pada 21 Maret 2006.

Baca artikel menarik lainnya :

5. Dua Menteri Jepang Mundur setelah Traktir Relawan
Midori Matsushima
Image : aljazeera.com

Tidak hanya satu menteri saja, namun sekaligus dua menteri di Jepang mundur dalam waktu tidak kurang dari dua jam. Keduanya telah terbukti menggunakan dana kampanye yang diambil dari kas negara, untuk mentraktir nonton bioskop bagi pendukungnya. Menurut televisi BBC, kedua menteri tersebut adalah Menteri Kehakiman Midori Matshushima dan Menteri Perdagangan dan Industri (METI) Yuko Obuchi. 

Atas kejadian ini, Perdana Menteri Shinzo Abe merasa terpukul. Padahal ia ingin membawa banyak peremmpuan ke dalam parlemen pemerintahan. Menteri Obuchi melalui konferensi pers yang disiarkan di televisi mengumumkan jika ia tidak mampu mengurus ekonomi bersamaan dengan penyelidikan soal penyalahgunaan dana kampanye.

Referensi :
http://www.merdeka.com/dunia/lima-menteri-ini-mundur-gara-gara-masalah-sepele/dua-menteri-jepang-mundur-setelah-traktir-relawan.html
http://infounik-pintar.blogspot.com/2014/11/5-menteri-ini-mundur-karena-hal-hal.html/
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon