Daftar Kompetisi Hewan yang Dianggap Unik - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Daftar Kompetisi Hewan yang Dianggap Unik

Balap Kura-Kura

Mungkin kita sering mendengar kompetisi hewan dari seluruh dunia. Karena hal tersebut bukanlah hal yang baru. Hewan yang menjadi pesertanya tentu membuat kompetisi menjadi bertambah seru. Bahkan tidak jarang menimbulkan kelucuan dari tingkah pola para hewan tersebut. Memang hal ini sudah lumrah adanya. Tujuannya pun tidak lain hanya untuk sebatas fun saja.


Namun, faktanya dalam sejarah, ternyata ada beberapa kompetisi hewan yang unik dan bahkan dianggap aneh. Penasaran apa saja daftar kompetisinya? Mari kita simak ulasan Misterunik berikut ini :

1. Memasukkan Musang ke Dalam Celana
Memasukkan Musang ke Dalam Celana
Image : voozzy.com

Olah raga ini melibatkan musang dan menganggapnya sebagai salah satu kompetisi olah raga hewan yang unik dan aneh. Olah raga asal Inggris ini bernama Ferret Legging, di mana pesertanya akan memasukkan musang (ferret) ke dalam celananya. Pemenang ditentukan dari lamanya si peserta yang mampu menjaga agar musang tetap berada di dalam celana selama mungkin.

Awalnya olah raga ini konon kali pertama dilakukan oleh kalangan penambang Yorkshire, Inggris. Jangan anggap olah raga ini mudah. Kendati kelihatannya mudah, namun pada praktiknya olah raga ini cukup sulit. 

Saat musang masuk ke dalam celana, ia akan terjebak dalam ruang yang sempit dan gelap, sehingga musang akan bergerak ke sana kemari mencari jalan keluar. Nah di sinilah justru peserta diuji.

Olah raga ini ditujukan khusus untuk kaum pria saja. Peserta yang mengikuti olah raga ini memakai ikat pinggang dan mengikat bagian ujung kaki celananya agar si musang yang sudah masuk ke dalam celana tidak mudah keluar. Dan uniknya, peserta tidak diperbolehkan memakai celana dalam. Waduh bagaimana ya kalau musang menggigit atau mencakar?

2. Umpan Tikus
Umpan Tikus
Image : pinterest.com

Olah raga umpan tikus atau rat baiting awalnya merupakan olah raga khusus hewan yang cukup populer. Namun karena dianggap terlalu kejam, maka olah raga ini sudah dilarang di banyak negara. Di Inggris misalnya saja, olah raga ini sudah tidak diadakan lagi sejak tahun 1912.

Permainan dimulai saat beberapa ekor tikus dilepas ke dalam sebuah arena yang berbentuk melingkar atau segi empat. Arena tersebut memiliki dinding yang tinggi dan rata agar tikus tidak mudah memanjat keluar.

Selanjutnya, satu atau dua ekor anjing dilepas ke dalam arena tersebut. Tugasnya hanya membunuh tikus-tikus di sana dengan cepat. Permainan akan berakhir ketika anjing membunuh semua tikus yang ada di dalam arena.

Permainan ini kerap dijadikan ajang judi. Penonton diminta menebak waktu yang dibutuhkan oleh anjing untuk membunuh tikus di dalam arena. Jika tebakannya tepat, maka ia bisa membawa pulang hadiah berupa uang. Olah raga ini dianggap kejam, karena dinilai melakukan penyiksaan terhadap tikus. Selain itu juga penyiksaan terhadap anjing, karena tikus yang terpojok biasanya akan melawan dengan cara menggigit anjing. Akibatnya anjing tersebut berisiko terkena infeksi.

3. Sabung Unta
Sabung Unta di Turki
Image : cnnindonesia.com

Kita mengenal sabung ayam di Indonesia dan olah raga ini kerap identik dengan perjudian. Meski telah dilarang, namun pada praktiknya masih banyak yang melakukan sabung ayam secara sembunyi-sembunyi. Lain halnya di Turki, masyarakat setempat menggunakan unta. Dalam permainan ini, dua ekor unta akan bertarung satu sama lain dengan cara saling mendorong dan mengaitkan lehernya. Permainan akan berakhir jika salah satu unta tersebut jatuh tersungkur ke tanah atau kabur.

Unta yang diadu adalah unta jantan. Agar mau bertarung, biasanya akan diperlihatkan unta betina, sehingga kedua unta jantan akan bertarung untuk bisa mengawini unta betina.

Sabung unta di Turki paling sering dijumpai di wilayah Aegea, Turki Barat. Bahkan praktik ini sudah berlangsung sejak ribuan tahun silam. Agar unta-unta yang bertarung di permainan ini tidak mengalami cidera parah atau mati, maka biasanya seekor unta hanya dibolehkan bertarung satu kali saja setiap harinya. Durasi permainan ini juga hanya sekitar 15 menit saja.

Baca juga artikel :

4. Balap Kura-Kura 
Balap Kura-Kura
Image : idntimes.com

Kompetisi balap kura-kura kali pertama diadakan pada tahun 1902 di Chicago, AS. Meski balap kura-kura dianggap membosankan, karena mereka berjalan sangat lamban, namun masyarakat justru terhibur dengan permainan tersebut. Awalnya sebanyak tujuh ekor kura-kura dilombakan anak-anak di taman kota Chicago. Uniknya Chicago Tribune meliput kompetisi tersebut dan mengambil kesimpulan sebagai "balapan paling aneh yang pernah ada".

Jalan utama di Kota Longville, Minnesota menjadi ajang arena resmi balap kura-kura sejak tahun 1950-an. Peraturannya sangat sederhana. Kura-kura yang mencapai garis finih, maka keluar sebagai pemenang. Biasanya makanan favorit kura-kura akan diletakkan di garis finish.

Ada beberapa kasus, di mana peserta yang terlalu berambisi menjadi pemenang menghalalkan berbagai cara agar kura-kura yang diikutsertakan bisa keluar sebagai pemenangnya. Cara yang dilakukan pun cukup sadis, misalnya dengan memasang pemancar arus listrik di kepala kura-kura. Akhirnya tindakan tersebut mendapat kecaman dari PETA, aktivis perlindungan hewan yang mengusulkan agar lomba balap kura-kura diganti dengan lomba balap memakai bebek karet.

5. Lompat Galah Kelinci
Lompat Galah Kelinci
Image : kelinci-wongkito.blogspot.com

Inspirasi perlombaan ini berawal dari keahlian kelinci dalam melompat, sehingga membuat sejumlah orang berinisiatif mengadakan lomba lompat galah khusus kelinci yang diberi nama "kaninhop".

Kompetisi Kaninhop mulai muncul kali pertama di Swedia pada tahun 1980-an. Sejak saat itu, kompetisi sejenis banyak bermunculan di berbagai negara yang mana setiap negara memiliki kompetisi kaninhop-nya masing-masing. Mulai dari Australia, Denmark hingga Jepang.

Peraturannya tidak jauh berbeda dengan olah raga lompat galah. Kelinci akan digiring agar berlari menuju penghalang, lalu melompatinya. Pemenang kaninhop ditentukan berdasarkan tinggi lompatan dan waktu yang dibutuhkan untuk melewati penghalan tersebut.

Biasanya sang pelatih akan mengikatkan tali pada leher kelinci dan ikut berlari di sampingnya. Tujuannya agar kelinci yang dilombakan mau melompat. Rekor terbaik kaninhop di dunia saat ini adalah lompatan setinggi 100 cm dan lompatan sejauh 3 meter.

Semenjak meningkatnya minat terhadap kaninhop, banyak bermunculan klub-klub khusus penggemar kaninhop di berbagai belahan dunia. Para penggemar bisa bertemu satu sama lain sekaligus melatih kelinci kesayangannya agar bisa lebih mahir dalam kaninhop.

Referensi :
https://www.goturkeytourism.com/about-turkey/camel-wrestling-sport-in-turkey.html
https://listverse.com/2017/04/28/top-10-wacky-animal-races-from-around-the-world/
https://en.wikipedia.org/wiki/rat-baiting
https://listverse.com/2019/07/01/10-of-the-worlds-most-bizarre-sports/
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon