Biografi Larry Tesler (Sang Penemu Copy Paste) - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Biografi Larry Tesler (Sang Penemu Copy Paste)

Biografi Larry Tesler Penemu Copy Paste

Dunia teknologi bidang komputer telah banyak melahirkan orang-orang hebat dengan karya yang luar biasa. Anda tentu sudah mengenal dengan sosok Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Dan juga sosok Larry Page sang pendiri Google. Keduanya sangat berjasa dalam dunia teknologi komputer, dan kita pun masih bisa merasakan hasil karya mereka yang hebat hingga saat ini.

Selain kedua tokoh tersebut, ada satu sosok yang juga cukup penting dalam dunia teknologi. Ia adalah pencetus konsep copy paste yang kita kenal sekarang. Ia adalah Larry Tesler, sang penemu copy paste yang pada  telah meninggal dunia pada usia 74 tahun.

Pria dengan nama asli Lawrence Gordon ini, tumbuh dan besar di New York, AS. Dan merupakan seorang ilmuwan komputer yang fokus di bidang interaksi manusia-komputer dan lulus dari Stanford University.

Pada tahun 1970 ia pernah bekerja di Xerox PARC, yang merupakan tempat pusat penelitian komputer yang berbasis di Paolo Alto, California, AS. Seperti dikutip dari keepo.me, ia bertugas melakukan penelitian program Smaltalk-76 untuk menyimpan data teks ke dalam internal memory komputer. 

Ketika bekerja di Xerox PARC inilah ia mulai menciptakan fitur 'cut', 'copy' dan 'paste' yang kita kenal hingga saat ini.

Pada tahun 1973, ia dan salah seorang rekannya Tim Mott, menggunakan teknologi Copas untuk pertama kalinya. Setelah berhasil dengan penemuannya tersebut, ia lalu melanjutkan karirnya ke Apple Computer pada tahun 1980.

Fitur copas mulai dilengkapi oleh Apple pada tahun 1981 seiring dengan munculnya Ctrl+Z untuk melakukan pembatalan (undo). Hingga Windows pun turut mengadopsi temuan yang sama untuk komputernya.

Meski ia turut berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi komputer khas Apple, yakni Mac, Tesler malah hengkang dari perusahaan tersebut di tahun 1997. Ia pun sempat menjabat sebagai wakil presiden di Amazon dan Yahoo setelah hengkang dari Apple.

Baca juga artikel :

Fitur copas ini sangatlah penting untuk membantu memudahkan pekerjaan umat manusia, sehingga jadi lebih efisien dan praktis. Selamat jalan Larry Tesler. Jasamu akan selalu dikenang sampai kapanpun.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon