Selain Terkenal Dengan Mafianya, Ini 7 Fakta Unik Negara Italia Lainnya - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Selain Terkenal Dengan Mafianya, Ini 7 Fakta Unik Negara Italia Lainnya

Sekitar Dunia Unik - Negara Italia merupakan salah satu negara di benua Eropa yang cukup terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik. Maka tidak heran jika kota-kota di Italia selalu saja ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Namun tidak hanya itu saja, Italia juga terkenal dengan pizzanya.

Apa lagi yang terkenal dari Italia ini? Hmmm, tampaknya masyarakat dunia tidak akan lupa dengan kehadiran para mafia Italia yang sudah sangat terkenal ini. Tapi taukah Anda, selain terkenal dengan kehadiran para mafianya, ternyata negara Italia menyimpan banyak fakta unik yang perlu Anda ketahui. Apa sajakah fakta-fakta unik tersebut? Berikut ulasannya : 

1. Warna Bendera Berdasarkan Pizza
Picture : lifeinitaly.com

Fakta unik yang pertama adalah warna bendera khas negara Italia yang terdiri dari tiga warna, yakni hijau, putih dan merah. Taukah Anda, gabungan ketiga warna tersebut, konon merupakan resep asli pizza margherita simbolis triwarna bendera Italia. Warna hijau adalah daun basil, warna putih mozzarella dan warna merah adalah sayuran tomat. 


2. Mafia Italia yang Populer
Picture : thoseconspiracyguys.com

Negara Italia sangat terkenal dengan sekelompok sindikat rahasia yang umumnya beroperasi melakukan tindakan kriminal, atau biasa dikenal sebagai mafia. Maka tidak heran jika Italia sangat populer tempat berkumpulnya para mafia. Meski demikian, kabar baiknya, para mafia Italia tersebut ternyata menyumbang sebesar 7% dari GDP (Gross Domestic Product) Italia setiap tahunnya. Pada tahun 2008 lalu, diperkirakan bahwa sekitar 80% dari semua bisnis yang ada di pulau Sisilia dipaksa untuk membayar "biaya perlindungan" kepada para mafia. Menguntungkan sekaligus menyeramkan.

Baca juga fakta-fakta unik lainnya : Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Ular


3. Hukum yang Unik
Picture : gomiblog.com

Fakta unik berikutnya adalah hukum yang berlaku di negara Italia. Regulasi atau peraturan hukum yang berlaku bagi penduduk di negara Italia bisa dibilang unik dan tidak biasa. Bayangkan saja, seorang pria bisa ditangkap oleh pihak berwajib di Italia lantaran mengenakan rok di depan umum. Bahkan di Milan, Italia, terdapat persyaratan hukum untuk selalu tersenyum setiap saat, kecuali jika Anda berkunjung ke rumah sakit atau ke pemakaman. Dan yang paling unik adalah, meninggal di Falciano del Massico adalah sebuah tindakan ilegal, dengan alasan pemakaman yang sudah penuh terisi. Hmmmmm, benar-benar aneh!


4. Situs Warisan Dunia Terbanyak
Picture : etickets.coopculture.it

Negara Italia bisa dibilang negara dengan warisan situs dunia terbanyak. Bayangkan saja, di Badan UNESCO, Italia mencatat ada sekitar 50 situs warisan dunia yang terdaftar. Diantaranya yang paling terkenal adalah Colosseum di Roma, Italia. Selain itu juga ada di beberapa kota di Italia, seperti Naples, Florence, Venesia dan masih banyak lagi. Kastil-kastil di Italia juga terkenal dengan arsitektur klasiknya yang menjadikan negara Italia seperti sebuah "bangunan" untuk mengenang masa-masa bersejarah di benua Eropa.


5. Tingkat Fanatisme Dunia Sepak Bola
Picture : dailymail.co.uk

Fakta unik berikutnya adalah sepak bola. Di Italia, olahraga yang paling populer adalah sepak bola, maka tidak heran jika Italia memiliki prestasi yang cemerlang di dunia sepak bola. Dan Stadion San Siro adalah yang paling terkenal di Milan, Italia, yang mampu menampung 85.000 orang. Italia sendiri telah memenangkan Piala Dunia sebanyak empat kali (1934, 1938, 1982 dan 2006). Ada sebuah julukan yang unik bagi para penggemar sepak bola Italia, yakni disebut "tifosi" yang berarti "pembawa penyakit tifus", hal ini dilatarbelakangi tingkat fanatisme yang sangat tinggi, mirip seperti demam.


6. Menjadi yang Tertua di Dunia
Picture : marcopolo.hr

Bisa dibilang ada banyak hal-hal di Italia yang dapat dikategorikan paling tua. Hal ini disebabkan karena memang sejarah peradaban Italia telah terbentuk dari zaman dulu kala. Salah satunya adalah universitas tertua di Eropa, yakni Universitas Bologna, Italia yang didirikan pada tahun 1088, dan masih berdiri hingga saat ini. Selain itu ada juga San Marino yang merupakan republik tertua di dunia (301 A.D) dan memegang konstitusi berkelanjutan tertua di dunia.


7. Asal Muasal Makanan di Dunia
Picture : thecolumbianexchange.weebly.com

Fakta unik yang terakhir adalah banyak makanan yang dikenalkan kepada sebagian penduduk dunia, hal ini karena kehadiran Christoper Columbus, seorang penjelajah asal Genoa, Italia. Melalui program yang bernama Columbian Exchange, maka penduduk Florida dapat mengenal jeruk, penduduk Ekuador dapat mengenal buah pisang, penduduk Irlandia dapat mengenal kentang, penduduk Kolombia dapat mengenal kopi, penduduk Hawaii dapat mengenal nanas, penduduk Arika dapat mengenal pohon karet, penduduk Swiss dapat mengenal tanaman coklat dan tomat dikenal di Italia.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon