Tips Merawat Rantai Motor - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

Tips Merawat Rantai Motor

Tips merawat rantai motor - Rantai motor adalah komponen diluar dari mesin yang fungsinya sangat vital. Onderdil penyalur tenaga ini juga memerlukan perawatan khusus yang benar agar tidak cepat aus. Seringlah merawat dan memperhatikan rantai, jika kurang diperhatikan dari keausan karena perawatan yang salah akibatnya bisa fatal. Rantai bisa putus atau terlepas dari gear saat sepeda motor sedang berjalan.



Merawat rantai sepeda motor dengan benar juga akan memperpanjang usia pakai, sehingga bisa lebih berhemat. Harga rantai motor yang orisnil cukup mahal juga lho?..
Perlu diingat juga bahwa cara perawatan rantai yang salah juga bisa memperpendek umur dari rantai itu sendiri.
 
http://sekitarduniaunik.blogspot.com

Berikut tips merawat rantai motor agar bisa lebih awet dan aman saat berkendara :

Pada beberapa motor keluaran baru umumnya sudah menggunakan teknolgi O-ring. Rantai berteknologi O-ring tidak perlu dilakukan pelumasan karena didalam rantainya sendiri sudah diberi pelumas saat dibuat dipabriknya. Makanya, langkah pertama kenali dulu teknologi dari rantai yang dipakai pada motor anda. Menambahkan olie atau bensin justru malah bisa merusak komponen karet dari rantai jenis ini.

Jika rantai sepeda motor anda masih menggunakan teknologi yang lama, jangan dilumasi dengan olie,apalagi olie bekas. Hal ini justru bisa mengakibatkan rantai cepat melar dan cepat kotor. Cukup bersihkan rantai dengan menggunakan larutan air dan sabun cair. Untuk melumasinya sudah disediakan cairan khusus pelumas rantai di pasaran seperti chainlube.

Aturlah kekencangan rantai secara rutin, minimal 2 minggu sekali jika motor selalu dipakai setiap hari. Ada baiknya periksa ketegangan rantai sesuai dengan petunjuk yang ada dibuku manual.
Jika kamu mendengar bunyi bunyi yang tidak biasa, seperti gemeretak, ada baiknya anda segera periksa kekencangan rantai.
Rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendor penyetelannya akan menimbulkan bunyi dan juga bisa mengakibatkan rantai cepat aus.
Jika bunyi yang terdengar dari rantai tidak bisa diatasi dengan cara penyetelan, bisa dipastikan bahwa rantai atau gear sudah aus dan harus segera diganti. Jangan sampai nanti rantai putus saat digunakan berkendara dijalan raya.

Mengganti rantai sepeda motor yang aus.

Kebanyakan orang dalam mengganti rantai motor yang aus, tidak sekaligus mengganti dua gear yang dihubungkan oleh rantai tersebut. Mungkin maksudnya ingin berhemat, tapi hal ini justru malah bisa jadi pemborosan. Mengganti rantai harus bersamaan secara keseluruhan dengan kedua gear depan belakang. Walaupun hanya gearnya saja yang aus ataupun hanya rantainya saja yang aus, harus diganti semuanya. Jika hanya mengganti salah satu yang aus saja, justru umur dari rantai tidak akan bisa lama. Hal ini karena dudukan/kaitan rantai yang baru dan gear yang sudah terpakai tingkat keausannya tidak sama.

Nah, semoga dengan tips diatas, rantai sepeda motor anda bisa lebih awet, dan motor akan lebih aman dan nyaman saat dikendarai.
Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon